Selasa, 27 November 2012


JARINGAN KOMPUTER CLIENT SERVER
ecara garis besar, didalam jaringan komputer LAN, terdapat 2 tipe jaringan, yaitu jaringan client-server dan jaringan peer to peer. Perbedaan mendasar antara 2 tipe jaringan ini adalah dalam hal komputer yang bertindak sebagai server dan workstation. Server itu sendiri adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer lain di dalam jaringan, sedangkan workstation atau client adalah komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.
Dalam tipe jaringan Client server, hanya ada 1 komputer yang bertugas sebagai server dan komputer yang lainnya adalah workstation, sedangkan dalam jaringan peer to peer, setiap komputer yan terhubung dalam jaringan tersebut dapat bertindak baik sebagai server maupun workstation. Server didalam jaringan client-server biasanya disebut dengan istilah dedicated server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
Tipe jaringan client-server ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan, antara lain sebagai berikut :
Keunggulan
Kecepatan akses lebih tinggi karena server tidak dibebani tugas lain sebagai workstation.
Sistem keamanan dan administrasi lebih baik karena hanya ada seorang pemakai saja yang bertugas sebagai administator jaringan yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
Sistem backup data lebih baik karena back up dilakukan terpusat di server.

Kekurangan
Biaya operasional relatif mahal.
Diperlukan adanya satu komputer berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
Kelangsungan jaringan sangat bergantung pada server, jika server terganggu, maka keseluruhan jaringan akan terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar